--
0


Menangis adalah proses keluarnya air dari mata yang disebabkan karena faktor emosi seperti sedih, marah, terharu ataupun bahagia. Menangis membantu kita melepaskan energi negatif dan merupakan cara alami tubuh mengatasi perasaan yang tidak diinginkan seperti tertekan atau rasa takut.

Dari hasil penelitian diketahui bahwa menangis ternyata mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Apa saja manfaat itu? mari kita ulas satu per satu.

1. Menurunkan Tingkat Stres
Menangis dapat menurunkan tingkat stres. Ketika menangis, tubuh mengeluarkan beberapa bahan kimia dan hormon yang terbentuk akibat stres. Jika anda menahan air mata keluar, maka sama saja anda sedang meningkatkan tingkat stres anda yang dapat mengakibatkan masalah kesehatan lainnya seperti tekanan darah tinggi dan masalah jantung.

2. Menjaga Mood
Menangis adalah respon emosional tubuh terhadap sesuatu. Ketika menangis, tubuh mengeluarkan zat yang bernama endorfin, zat ini disebut juga hormon bahagia yang bertugas untuk menstabilkan mood dan keseimbangan emosi. Ketika kita menangis, kita memberikan tubuh kita kemampuan untuk menstabilkan dan menjadi baik lagi.

3. Mencegah Pilek dan Flu
Air mata yang kita keluarkan ketika menangis mengandung zat Lisozim fluida yang mampu membunuh 95% bakteri hanya dalam hitungan menit. Sama seperti hidung yang memiliki rambut dan terowongan hidung untuk mencegah kuman dan bakteri masuk, mata kita memiliki air mata untuk membantu mencegah kita sakit.

4. Detox
Air mata yang mucul karena faktor emosional seperti kesedihan memiliki kandungan zat yang lebih beracun daripada air mata iritasi (gatal-gatal atau air mata karena mengupas bawang). Hal ini berarti bahwa air mata emosional, yaitu air mata yang tercipta dari stres mampu mengeluarkan limbah dan racun dari tubuh kita.

5. Pelumasan
Fungsi utama dari airmata adalah melumasi bola mata sehingga kita dapat melihat. Air mata melembabkan dan mencegah dehidrasi pada selaput mata. Tanpa air mata, kita tidak akan dapat melihat.

Jadi bukan hanya tertawa yang bermanfaat bagi tubuh, menangis juga ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan terutama kesehatan emosional. Jadi mulai sekarang jangan tahan tangisan anda, menangislah yang keras! :)

No Response to "5 Manfaat Menangis Bagi Kesehatan"

Posting Komentar